Published On: Sel, Agu 26th, 2014
                            

128 Sekolah Ikut Jambore UKS Tingkat Kota Tanjungpinang

Peserta Jambore UKS. Foto: Era
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanjungpinang, KepriDays.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang menggelar Jambore Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kota Tanjungpinang yang diikuti sebanyak 128 sekolah mulai dari tingkat SD/MI, SLTP/MTS, serta SLTA/MA. Jambore ini juga dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Selasa (26/8) di Gedung Aisyah Sulaiman.

UKS sendiri, kata Lis, memang sudah semestinya bukan hanya sebagian syarat pelengkap di sekolah. Namun, kegiatan yang dilakukan ini harus bisa memotivasi dan mendorong para siswa sebagai kader UKS yang lebih berkualitas.

“Sekolah juga harus bisa mengatur manajemennya agar UKS bisa menjadi leading sector dalam pemanfaatan UKS secara optimal dan menciptakan pola hidup bersih dan sehat. Khususnya di lingkungan sekolah,” katanya.

Lebih lanjut Wali Kota Tanjungpinang juga mengatakan, walaupun sudah bersih belum tentu sehat, tapi sehat sudah pasti bersih. Maka perilaku hidup bersih dan sehat sudah ditanamkan disekolah sejak dini.

“Anak pun akan membawa kebiasaannya saat berada di rumah nanti,” katanya.

Sementara itu, Kepada Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan, Jambore UKS ini merupakan cara agar membentuk generasi muda yang sehat dan berkualitas dengan menanamkan nilai-nilai kebersihan sesuai dengan semboyan ‘Sehat berawal dari Saya’ di kalangan anak didik.

“Jambore UKS ini juga memperlombakan beberapa pertandingan, yaitu lomba dokter kecil, lomba poster tentang kesehatan, lomba daur ulang, serta lomba cerdas cermat. Total peserta yang mengikuti lomba ada sebanyak 289 peserta,” ucapnya.

Akan hal tersebut, mengingat pentingnya penyelenggaraan UKS ini, Lis kembali menegaskan, kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tanjungpinang serta Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, agar ada kerjasama yang sinergis dalam mengoptimalkan UKS di setiap sekolah.

“Saya tidak mau lagi UKS hanya sebagai syarat saja. Pendidikan dan kesehatan adalah 2 hal yang sangat penting untuk membentuk generasi muda yang sehat dan berkualitas,” ujarnya. (RNN/ERA)

262 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
                            

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>